Pascasarjana IAINU Kebumen Luluskan 121

Orasi Ilmiah Oleh Prof. Dr. Suyitno M.Ag wisuda Pascasarjana IAINU Kebumen

PASCASARJANA IAINU Kebumen(20 Juni 2021),-  sebanyak 121 Peserta Wisudawan wisudawati Pascasarjana IAINU Kebumen , Program Pascasarjana (S2) Manajemen Pendidikan Islam, dilaksanakan di Grand Kolopaking Hotel Jalan Ahmad Yani .

wisuda PascaSarjana IAINU Kebumen 2021

Wisuda Program Pascasarjana S.2 IAINU Kebumen tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, panitia membagi sidang dalam dua sesi. Orasi ilmiah diisi oleh Direktur PTKIS Kemenag RI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag  Sedangkan sekapur sirih wisudawan diwakili oleh wisudawan Fahrudin M.Pd, salaahsatu DAI sekaligus penyuluh Agama Islam yang tampil dengan  humor segar berisi pesan-pesan konstruktif edukatif.

Ketua penyelenggara Wisuda yang juga Wakil Rektor Kemahasiswaan IAINU Kebumen Fikria Najitama MSi menjelaskan, wisuda kali ini dikemas dengan ramah dan tetap mematuhi prokes Pandemi Covid-19. Hal ini untuk mengantisipasi adanya klaster sehingga acara dengan prokes yang ketat akhirnya waktu dibuat dua sesi. Selain itu juga bertujuan agar acara lebih khidmat, namun juga tidak boring.

Maka pada wisuda kedua mendaulat secara spontan Rektor memberikan selipan lagu dengan lirik yang relevan. Hal ini sekaligus guna mengisi kekosongan waktu menjelang acara orasi ilmiah oleh Direktur Diktis Kemenag RI.

Acara wisuda dihadiri struktural PCNU Kebumen dan pengurus YPPNU sebagai Badan Hukum IAINU.

Direktur Pascasarjana IAINU Kebmen Dr. Sulis Rahmawanto, M.Pd dalam pesannya menyampaikan pentingya kelangsungan pengembangan keilmuan secara terus menerus. Pihaknya sebagai pelaksana dan pengelola akademik telah berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa sehingga hari ini bisa diwisuda 121 orang lulusan S2.

“Jangan sampai S2 menjadi  program yang mahal dan sulit. Kendati tuntutan kompetensinya berat dan menantang, jika kita melakukan dengan pendekan humanis pasti akan terasa ringan dan menyenangkan,”ujar Sulis.

Sedangkan Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen Drs KH Dawamudin Masdar MAg selalu Sekretaris Dewan Pembina menyampaikan pentingnya wawasan keagamaan secara inklusif dan memadai. Syiar pemikiran keagamaan yang moderat menjadi tanggung jawab para alumni IAINU Kebumen.

“Kita tidak boleh kerdil dan sempit dalam memahami agama Islam. Di sinilah pentingya belajar dan terus belajar mendalami Islam sebagai agama Rahmatan lil alamin dan mengedepankan toleransi,”ujar Dawam.

Prof. Dr. Suyitno M.Ag wisuda pascasarjana iainu kebumen

Direktur Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama RI Prof. Dr. Suyitno M.Ag sampaikan orasi ilmiah dalam acara Sidang Terbuka Senat Wisuda Pascasarjana IAINU Kebumen. Mengawali orasinya Prof Dr Suyitno MAg mengajak wisudawan untuk bersyukur. Program sarjana itu dapat dikatakan sifatnya wajibul wujub dan pasca sarjana dapat disebut sunnah muakkadah. Karenanya patut disyukuri sebab tidak semua orang dapat memenuhi yang ekstra (sunnah).

Suyitno juga mengingatkan alumni S2 IAINU Kebumen soal keilmuannya dan tafaqquh fiddien. Jangan sampai keilmuan seorang magister S2 terasa S1 dan itu tidak keren. Banyak kyai pesantren yang  keren, tidak mengenyam pendidikan sarjana akan tetapi keilmuannya sekelas doktor.  Salah satu yang menentukannya berupa opening minded cara berpikir keilmuan yang terbuka. Ciri khasnya berupa sikap bijak (wise) dan moderat (tawassut) dalam beragama. Kampus IAINU Kebumen yang open minded dapat menjadi kampus moderasi beragama.
Suyitno mengingatkan revolusi teknologi industri dan pentingnya adaptasi perkembangan digitalisasi di dunia pendidikan. Mulai dari penerimaan mahasiswa baru, sistem akademiknya, sampai dengan penerimaan ijazah dan transkrip nilai sekarang ini harus dilakukan secara digital. Jarak ruang dan waktu sudah tidak menjadi kendala dalam proses pendidikan. Bahkan semua sudah measureable (terukur)
 
Live Streaming  Sesi I: https://youtu.be/dlPe8_hi8DQ
Live Streaming  Sesi II: https://youtu.be/4F-1–Fm4fw

kunjuungi kami di Media sosial
➡Youtube: IAINU TV :
https://www.youtube.com/channel/UCodUMpyMPcgrMDbSfIMkw6w
➡Facebook :
https://www.facebook.com/iainu.kebumen.7 
➡Fans Page FB :
https://www.facebook.com/IAINU-Kebumen
➡Instagram:
https://www.instagram.com/iainukebumen
➡Twitter:
https://twitter.com/iainu_kebumen
➡Email: info@iainu-kebumen.ac.id
➡Website:
https://www.iainu-kebumen.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.