IAINU Kebumen Kampus Peduli Covid-19.

Kampus IAINU KEBUMEN yang memiliki visi “Virtual Cakap Bersahaja” sudah menerapkan sistem perkuliahan dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dengan prosentase 60% : 40% jauh sebelum covid-19 menjadi wabah di Dunia ini. Selain perkuliahan juga kegiatan akademik lainnya seperti pelaksanaan UTS, UAS, Seminar Proposal Skripsi, Bimbingan Skripsi dilakukan sama.

Kemudian setelah datangnya covid-19 menjadi wabah pandemi. Kampus IAINU pun langsung sigap menerapkan kebijakan penerapan protokol sesuai anjuran pemerintah mulai dari perkuliahan di awal pandemi, kampus dilakukan sterilisasi dg penyemprotan desinfectant. IAINU Kebumen turut serta aktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat maupun tokoh agama guna menekan angka penularan baik melalui webiner, himbauan medsos, maupun secara langsung. Bahkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Tahun Akademik 2019/2020 kali ini sangat istimewa dengan mengusung tema Kemandirian Desa menuju Desa Tangguh Covid-19. Mahasiswa KKN di desanya masing-masing agar pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi lebih dapat di rasakan oleh masyarakat dan sekaligus memberikan ruang peran mahasiswa sebagai “again of change”.

Jika kita berkunjung ke kampus IAINU Kebumen mulai dari pintu gerbang sudah terlihat ajakan penerapan protokol dan tersedia infrastruktur covid-19 (tempat cuci tangan). Rektor IAINU Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I juga selalu aktif mendorong seluruh civitas akademika mengikuti protokol baik dalam pelayanan di kampus maupun di kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakatnya. Selain itu sebagai langkah/upaya partisipasi kampus dalam mencegah dan memutus rantai penularan covid-19 Rektor IAINU Kebumen mendorong kepada dosen dan karyawan untuk melakukan test baik rapid maupun swab test yang diselenggarakan oleh gugus tugas/pemerintah. Seperti yang hari ini dilakukan di kampus IAINU atas fasilitasi Dinas kesehatan Kab Kebumen menyelenggarakan test swab untuk dosen/struktural dan karyawan yang memiliki riwayat contact tracing dg pasien covid-19.

Kami mengajak kepada seluruh komponen bangsa khususnya yg di Kab Kebumen bahwa kondisi ini menjadi tanggung jawab bersama maka dibutuhkan kontribusi atau partisipasi dari semua pihak. Pendidikan, Ekonomi, Agama, Sosial, Budaya dan Politik di Kab Kebumen dan Indonesia pada umumnya harus pulih. Mulailah dari langkah kecil selalu gunakan masker dalam setiap keluar rumah/bertemu orang lain dan Jaga Jarak. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (selalu cuci tangan, istirahat yg cukup, rutin olah raga, dan konsumsi makanan seimbang). Mari selalu berfikir positif dan tak lupa berdzikir serta berdo’a kepada Allah SWT agar kita selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalani kehidupan ini.

“Covid itu nyata, ada dan waspada maka bersama kita bisa”

Mukhsinun, M.E.I.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Febi Iainu Kebumen (Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Ekonomi Syariah).

Leave a Reply

Your email address will not be published.