IAINU Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI

IAINU Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI
IAINU Kebumen (post/10/12/2020).,Anggota MPR RI M Nabil Haroen membuka “sosialisasi 4 pilar MPR RI” yang digelar Institute Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU) Kebumen, Selasa (8/12). Dalam sambutannya secara virtual, Gus Nabil, sapaan akrab M Nabil Haroen menyampaikan pentingnya pemahaman Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi bangsa Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.
 
 
“Sebagai negara kesatuan yang mempunyai 17.500 pulau dengan ratusan bahasa daerah, dan keberagaman suku dan agama, Pancasila menjadi pemersatu bangsa Indonesia,” ucap Gus Nabil.
 
 
Kegiatan atas kerjasama MPR RI dengan Yayasan Ngaji Yasin dan IAINU Kebumen itu diisi pemaparan mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika oleh Rektor IAINU Kebumen Dr Imam Satibi, dan Wakil Sekretaris Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Rahmat Sahid. Adapun moderator adalah Wakil Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama,.
 
Ketua penyelenggara, Munajat, S.H.I, menjelaskan bahwa terdapat 200 peserta mengikuti acara tersebut. Mereka dari perwakilan guru agama dan pendidikan kewarganegaraan, perwakilan Fatayat NU, perwakilan dari PCNU Kebumen, dan dari perwakulan jamaah toriqoh dan perwakilan jamaah Yayasan Ngaji Yasin.
 
 
Dr.Imam Satibi dalam pemaparannya menyampaikan pentingnya kecerdasan majemuk untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan di masyarakat.
 
 
“Untuk itu, sosialisasi 4 Pilar MPR RI sangat penting sebagai pengayaan masyarakat dalam merawat kebhinekaan,” jelasnya.
 
 
Rahmat Sahid dalam pemaparannya menyampaikan kebhinekaan adalah sunatullah. Karena Allah SWT memang menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Sehingga, dalam konteks tersebut, Pancasila benar-benar menjadi pemersatu bagi rakyat Indonesia yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.